Saturday, June 29, 2013

Kalori Untuk Diet

Saat anda diet anda harus mengendalikan berapa kalori yang anda makan. Saat anda diet tetapi berat badan  tidak turun berarti ada yang salah dengan diet anda. Ada 2 kemungkinan :
  1. Anda ada kelainan metabolisme dan ini harus dibawa kedokter
  2. Anda TETAP MAKAN / MINUM Banyak Kalori. Meskipun anda sudah diet mati-matian, bila makan dan minum yang anda konsumsi tetap mengandung banyak kalori, diet dan olahraga anda juga akan percuma!
Pertanyaan :
Mbak saya sudah diet dan olahraga teratur, diet pun sudah beli paket Herbalife Yang Ultimate. Tapi sudah 1 bulan ini kok berat badan saya tidak turun-turun?
Jawab :
Rumusnya = kalori yang anda konsumsi baik dari makanan dan minuman harus LEBIH KECIL dibanding dengan kalori yang dibakar (Kalori dibutuhkan saat anda beraktifitas dan digunakan oleh sistem kerja tubuh anda. Jantung anda berdetak sendiri itu juga butuh energi bukan?)
Jika anda merasa sudah makan dan minum "clean" disertai olahraga, tapi berat badan tidak turun juga- justru berat badan malah naik, anda kemungkinan ada kelainan medis bisa berupa hypothriodism, PCOS, atau Cushing syndrome.
Tetapi jika anda yakin sehat. Berarti anda tetap kebanyakan makan / minum dengan kalori tinggi,  yang anda pun tidak menyadari bahwa yang anda konsumsi itu kalorinya tinggi.
Mari kita bahas tentang kalori ini.

kalori dari apel dan keju
200 Calori dari apel dan 200 Calori dari keju

Jumlah kalori pada bahan makanan dari tepung putih / dari tepung olahan baik itu roti, burger, sandwitch, pizza, bakso, mie intan , snack pabrikan mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi. Dimana bila anda konsumsi akan mensabotase diet anda tanpa anda sadari.

200 kalori dari brokoli, disamping menyediakan tenaga, juga menyediakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, termasuk vitamin dan mineral yang lengkap.
Saat anda makan burger, 200 kalori dari burger BUKAN ada pada 1 burger tetapi hanya sepotong. Saat anda makan 1 burger terutama ukuran besar (karena marketing dari Fast Food akan selalu menawari anda untuk membeli yang porsi lebih besar) bisa anda bayangkan berapa kalori yang anda makan.
Itu hanya kalori di burger, belum dari minumannya, juga belum termasuk ayam goreng dan kentagnya. Bila anda makan burger, kentang, dan softdrink - sekali konsumsi anda bisa memasukkan 1000 an kalori ke dalam tubuh anda. Jika anda diet, pola makan dan gaya hidup ini tidak akan memberi anda hasil yang nyata pada diet anda.
Saat anda makan burger ukuran besar (misalnya big mac) , energi yang ada pada 217 burger ini bisa digunakan untuk menjalankan mobil sejauh 35 km. Bisa anda bayangkan bukan, kalori dari fast food sangat - sangat tinggi.
Apa sih Calori itu?
Calori adalah energi/panas yang digunakan untuk menaikkan suhu 1 gram air naik 1 derajat Celcius.
Analogi Calorie
Analogi Calorie
Kita butuh Calori ini untuk hidup. Sehingga kita butuh :
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak/fat
dimana :
  • 1 gram Karbohidrat  mengandung 4 Calorie
  • 1 gram Protein mengandung 4 Calori
  • 1 gram lemak/fat mengandung 9 Calori
Bisa anda lihat Calorie  dari lemak 2x lipat lebih banyak dibanding karbohidrat dan lemak. Jika saat diet anda masih nyamil gorengan sedangkan anda rendah aktifitas (tidak olahraga/malas olahraga/kemana-mana naik mobil/motor -tidak mau jalan kaki) maka diet anda akan susah untuk maju. Berat badan akan tetap bahkan naik, meskipun anda sudah diet Herbalife pakai produk Ultimate.

No comments:

Post a Comment